Pulau Bira

pulau bira

Pulau Bira merupakan pulau yang ada di gugusan kepulauan Seribu. Secara administratif, pulau Bira ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, dengan Kecamatan Pulau Harapan dan termasuk ke dalam Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini berdekatan dengan pulau lainnya yaitu pulau bira kecil, pulau Rusa, pulau kuburan china dan pulau Genteng dimana tak jarang ketika berwisata ke pulau bira, maka pulau yang lainnya pun ikut terjelajahi karena lokasinya yang berdekatan dan memiliki keindahan yang berbeda beda satu sama lainnya. Bisa dikatakan bahwa setiap pulau yang ada di kepulauan seribu memiliki karakter yang berbeda beda.

Ada Apa di Pulau Bira?

Terbayar sudah perjalanan dengan durasi kurang lebih dua jam dari Muara Angke menuju Pulau Bira. Begitu kapal bersandar di Pulau Pramuka, maka selanjutnya perjalanan menuju ke pulau pulau yang lain yang ada lebih dari 300 pulau di teluk Jakarta. Banyak masyarakat yang mulai mengunjungi satu per satu pulau untuk mengetahui ada apa di pulau tersebut dan bagaimana keadaan alam di pulau tersebut. Di dermaga, air laut jernih menyambut seperti kolam ikan hiu dan bandeng yang terlihat begitu dangkal, sejenak boleh memejamkan mata untuk merasakan bagaimana keindahan alam yang begitu terasa meskipun tanpa harus melihatnya.

Sebenarnya, untuk menuju Pulau Bira diharuskan terlebih dahulu untuk singgah di Pulau Pramuka yang merupakana tempat transit sebelum menuju pulau bira besar. Tidak ada kapal dari Pelabuhan Muara Angke menuju langsung ke Pulau Bira Besar, akan tetapi di tahun tahun sebelumnya ada kapal yang bisa mengantarkan langsung karena pulau bira dikelola oleh sebuah resort, akan tetapi sekarang resort tersebut sudah ditutup maka transportasi akan kembali ke sedia kala menggunakan kapal nelayan untuk sampai di pulau yang dituju. Meskipun begitu tidak ada bedanya karena keindahan sudah mulai menunggu untuk dinikmati dan dijelajahi.

Setelah sampai di Pulau Bira, sebaiknya tidak berleha leha karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Beristirahat sejenak adalah pilihan kemudian makan siang dan melanjutkan kegiatan dengan bersnorkeling. Perahu nelayan siap digunakan untuk mengantarkan wisatawan melakukan kegiatan snorkeling di beberapa spot yang sudah ditentukan dimana terumbu karang tumbuh dan berkembang dengan indah. Wisatawan juga diajak untuk mengunjungi pulau yang tidak ada penghuninya untuk menikmati keindahan alam yang masih belum tercemar di pulau tersebut. Sebelumnya pastikan sudah melakukan check in sehingga pulang snorkeling bisa langsung beristirahat.

Spot pertama yang akan dikunjungi adalah Pulau Air, pulau pribadi ini merupakan pulau yang memiliki pantai yang bersih dan terumbu karang yang sehat dengan ikan ikan yang beraneka macam. Untuk yang belum pernah melakukan snorkeling, maka bisa berenang di sekitar terumbu karang lalu meminta pemandu untuk memberikan pelatihan yang singkat dan ringan mengenai kegiatan snorkeling. Mungkin akan ada rasa khawatir, akan tetapi ketika sudah menyaksikan begitu indah dan megahnya kekayaan alam bawah laut, kekhawatiran tersebut perlahan lahan akan hilang berganti dengan decak kagum dan kebanggaan terhadap kekayaan alam Indonesia.

Spot selanjutnya adalah Pulau Macan. Di pulau ini banyak terumbu karang yang tidak kalah indahnya. Pulau Macan pun sebenarnya disewakan dan bisa menginap di sana akan tetapi karena Pulau Bira merupakan pulau pribadi, maka akan lebih menyenangkan dan lebih privasi dibandingkan dengan pulau yang lain. Pada saat snorkeling, setiap peserta akan diberi kesempatan untuk berpose di dalam air dengan menggunakan kamera under water. Setelah itu semua wisatawan akan kembali kepulau dan bersiap siap untuk melihat sunset atau matahari tenggelam. Uniknya, di pulau bira, tempat melihat sunset dan sunrisenya berada di dalam satu tempat yang sama dan menjadi sebuah tempat romantis.

Menginap Di Pulau Bira

Ada sekitar 20 cottage yang disediakan untuk menjadi penginapan, beberapa diantaranya selalu penuh oleh para pengunjung yang datang. Bisa dikatakan pulau ini tidak pernah sepi akan tetapi tidak seramai pulau yang lain sehingga privasi masih terjaga dengan baik dan semua orang bisa melakukan beberapa kegiatan pribadi dan keluarga dengan leluasa. Keindahan alam di pulau memang akan sangat indah jika dinikmati secara privasi bersama dengan orang orang terkasih.

Ada baiknya untuk selalu membawa kamera supaya semua keindahan Pulau Bira juga berbagai kegiatan yang ada bisa diabadikan dengan baik dan menjadi bahan dokumentasi untuk kenang kenangan dan untuk dipajang di media sosial. Selebihnya adalah untuk mengabadikan berbagai momen yang mungkin hanya terjadi sekali saja.

Keindahan dari pantai Pulau Bira menjadi keunikan dan kelebihan tersendiri, pantainya landai dan memiliki pasir yang bersih, putih juga halus. Ketika tiba di pulau, maka tidak perlu melakukan hopping island karena di pulau pun sudah sangat puas dengan berbagai keindahan yang ada dan dapat dimaksimalkan dengan mengelilingi berbagai sudut dengan kealamian serta aneka jenis biota atau keanekaragaman binatang yang masih berkeliaran secara alami. Pulau kosong ini adalah sebuah surge untuk para traveler sekaligus yang senang untuk melakukan snorkeling